Thursday, January 6, 2011

NO KNEAD CINNAMON ROLL & PIZZA BREAD






 Baca postingan di milis, aku jadi ikutan tertarik nyoba resep No Knead Cinnamon Roll-nya Camelia, separuh adonan aku bikin Cinnamon Roll, separuh adonan lagi aku bikin Pizza Bread....enaaakk...;)

Berikut resepnya:
No - Knead Cinammon Rolls
adapted from Artisan Bread in Five Minutes a Day
(diterjemahkan ala kadarnya oleh Camelia *hihihi*)
Adonan Roti :

1 3/4 cups air hangat
1 1/2 sdm ragi instan
1 1/2 sdt garam
4 btr telur, kocok lepas
1/2 cup madu
1/2 cup unsalted butter, cairkan
7 cup tepung terigu serba guna

Caranya :
Dalam wadah besar, campurkan telur, air, madu, metega cair, ragi dan garam. Aduk rata dengan sendok kayu. Masukkan tepung. Aduk rata...aduk terus sampai gak ada butiran tepung yang masih kering (lk. 1 menitan). Tutup (jangan gunakan airtight container). Kalo aku tadi ditutup pake aluminium foil aja. Masukkan kedalam kulkas semalaman atau hingga 4 hari. Semakin lama di kulkas, baunya akan semakin terasa di dalam kulkas, dan rasanya juga lebih enak.

PS : Kalau mau bisa dibiarkan mengembang dalam suhu ruang selama 2 jam diatas meja, ambil adonan yang akan dibuat rolls. Tapi tetap lebih enak yang didiamkan semalaman.

Topping :
6 sdm unsalted butter, lembutkan suhu ruang
1/2 sdt garam
1/2 cup brown sugar
30 pecan halves (aku gak pake)

Kalo aku resep topping ini aku jadikan 2, digunakan sebagai filling dan topping *malas ribet*.

Cara membuat topping :
Cream semua bahan kecuali pecan, sehingga dapat dioleskan.

Cara membuat cinnamon rolls :

Pertama, keluarkan adonan roti dari dalam kulkas, ambil adonan sebesar buah melon ukuran sedang. Masukkan kembali sisanya kedalam kulkas supaya dapat digunakan dilain waktu. Lumuri tangan dan adonan dengan tepung. Bentuk adonan menjadi bola dengan cara menarik dan dimasukkan kebawah adonan sehingga didapat adonan yang bulat. Biarkan adonan beristirahat ditutup dengan kain. Biarkan sebentar sementara menyiapkan filling dan toppingnya.

Taburi meja kerja denga tepung, gilas adonan hingga didapat adonan segi empat dengan ketebalan 1/8 inches (aku sekitar 1/2 cm). Olesi dengan bahan filling hingga rata ke seluruh adonan, taburi kacang pecan. Gulung, potong-potong. (kalo aku diatasnya diolesi lagi dengan bahan topping lalu ditaburu kacang almond panggang). Panggang dengan suhu (kalo aku sekitar 170 C) selama 35-40 menit. Tetap di cek dahulu soale tiap oven berbeda-beda. Apabila sudah kuning keemasan, then its ready.

Enjoy.....

PS : Apabila adonan sudah ditabur, digulung dan dipotong-potong tapi masih antri untuk masuk ke oven, sebaiknya dimasukkan ke kulkas dulu untuk memperlambat fermentasi, atau dia akan membesar karena ragi masih terus bekerja...




Untuk bikin pizza bread, adonan roti digilas dgn ketebalan yg sama spt Cinnamon Roll, setelah itu diletakkan di loyang datar, oles dgn BBQ sauce atau Spaghetti sauce, taburi topping sesuai selera, terakhir taburi dengan keju mozarella atau quick melt.. Panggang di oven hingga matang... Jadi deeehhh....

1 comment:

  1. resep ini emang enyaaaaak banget....serasa makan di mal-mal...saya udah beberapa kali coba buat roti dengan cara di ulenin, suka kempes pas udah dingin (meskipun lembut banget),tapi adonan no knead ini, megang banget deh, kokoh tapi tetep enak di makan mesti udah dingin....jadi pengen bikin lagi neh,ehheheh

    ReplyDelete